CATATAN HARIAN KREATIFITASKU BERSAMA IBU SEREPINA Sesi 2

 

Adhitias Muhammad Fajrin
193300020043
Universitas Mpu Tantular
Dosen : Mrs. Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.


    Sponsor & TOR (Term Of Reference)

    Jadi di catatan harian ini, saya ajakan menjelaskan apa si yang di maksud dengan sponsor dan juga TOR (Term Of Reference). Karena Sponsor dan Term Of Reference ini berperan penting dalam hal menjalankan suatu acara, kegiatan atau event. Sebelumnya apa kabar kalian pembaca catatan ini? hehe, saya doakan kalian senantiasa sehat selalu. Aminn

    Sponsor menurut Roy and Cornwell (2003), di definisikan sebagai pemberian tunai dan atau pembayaran barter (in-kind) akan benda kepemilikan (seperti olahraga, hiburan, non-profit, event/organisasi) dengan balasan berupa akses pemanfaatan potensi iklan yang berhubungan dengan benda kepemilikan usaha. Jadi sponsor ini adalah suatu simbiosis mutualisme. Di satu sisi pembuat event atau acara akan mendapatkan dana segar untuk melancarkan acara mereka, di sisi lain pemberi dana dapat mengiklankan apa saja yang menguntungkan mereka misalnya, usaha mereka, brand mereka, dan lain sebagainya

    Apa sih manfaat dari Sponsor itu sendiri? Saya akan sedikit menjelaskan manfaat dari sponsor itu sendiri yang sekurang kurangnya memiliki 3 manfaat yaitu:
  1. Raise Brand Awareness
    Pemberi Sponsor dapat mengenalkan Brand mereka kepada peserta Event tersebut yang jelas sangat menguntungkan mereka dengan harapan timbulnya peningkatan penjualan si pemberi sponsor.
  2. Emotional Connection
    Menjalin kepercayaan satu sama lain antara pemberi sponsor dan penerima sponsor yang diharapkan dapat berlanjut baik kerjasamanya. Jika saya penerima sponsor akan membuat suatu acara atau event lagi di masa yang akan datang, maka Pemberi sponsor akan dengan mudah membantu acara atau event tersebut kembali karena sudah terjadi Koneksi yang baik antara mereka di acara atau event yang lalu
  3. Media Exposure 
    Dalam menjalankan acara atau event  penyelenggara juga akan melibatkan media untuk meliput atau mempromosikan acara atau event mereka.  Hal ini tentunya juga akan berdampak ke pihak sponsor yang mensupport acara tersebut. Secara tidak langsung, brand akan mendapatkan exposure dan sorotan dari media dari acara atau event tersebut.

    TOR (Term Of Reference) adalah Suatu dokumen yang menginformasikan menginformasikan gambaran umum dan penjelasan mengenai keluaran kegiatan yang akan akan dicapai. Biasanya TOR ini dibuat setelah Proposal kegiatan dibuat. Apa saja yang di muat dalam TOR? 
  • Tema
  • Nama Kegiatan
  • Pendahuluan / Latar Belakang Kegiatan
  • Tujuan dan Tempat
  • Peserta Kegiatan
  • Penyelenggara Kegiatan
  • Penutup
  • Lampiran
Biasanya apa yang di lampirkan dalam TOR terdapat di dalam Proposal namun tidak selengkap yang terdapat di Proposal, jadi apabila kita sudah membuat proposal maka kita hanya tinggal memindahkan saja outline dari kegiatan kita.

Saya rasa cukup sekian catatan harian saya ini yang membahas Sponsor dan TOR (Term Of Reference), semoga catatan saya ini bermanfaat secara langsung maupun tidak langsung untuk pembaca.

Cukup Sekian dan Terima Kasih.
Salam Sehat.








SHARE ON:

    COMMENTS

1 comment:

Serepina Hutabarat mengatakan...

Terimakasih sudah berbagi . Sangat bermanfaat !