Menjumlahkan data di Sheet yang berbeda dengan menggunalan Consolidate


Gua ngebuat ini di kantor dan ga pake Microsoft Excel melainkan Kingsoft Spreadsheet. Berhubung di kantor lagi ga ada kerjaan makanya gua bikin nya di sini. Kalo bikin di rumah ada aja halangan dan godaan yang ngebuat jadi males nulis hehe

Langsung aja deh yaa, gausah berlama lamaa

Buka Excelnya dan buat lah 2 sheet seperti di bawah ini. 
Sheet pertama di beri nama “SEM GANJIL”


Dan sheet 2 diberinama “SEM GENAP”


Copy Sheet 2 “SEM GENAP” 



Setelah itu Rename menjadi “SEM Ganjil + Genap”


Kemudian hapus semua nilainyaa


Tempat kan kursor pada kolom D7, dan pilih Data --> Consolidate. Karena kita ingin menjumlahkan Sheet “SEM GANJIL” dan “SEM GENAP” maka Functionnya kita pilih SUM. 


Lalu klik kotak pojok kanan di kolom Reference, dan blok semua nilai yang ada di Sheet “SEM GANJIL” lalu klik kotak di pojok kanannya lagi. Kemudian kita klik ADD


Lalukan seperti di atas untuk Sheet “SEM GENAP” 



Klik OK, maka tampilannya akan seperti di bawah ini


Masukannya rumus total dan Rata Ratanya.


Selesai sudahh.. Mudah bukan? Ini sangat berfungsi sekali jika kita ingin menjumlahkan data dari banyak Sheet. 

Sekian dari gua. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

SHARE ON:

    COMMENTS